AGUS MUSTOFA “UNTUK APA BERPUASA”8

Kamis, 26 April 2012

Afrijal M. Fauzi*

Dalam dunia santri kita sangat mengenal beberapa macam riadhoh yang itu berupa puasa. Mulai dari senin-kamis, puasa dawud, puasa dalail dan lain sebagainya. Dalam buku ini seorang Agus Mustofa mencoba untuk meneliti manfaat dari berpuasa dari segi kelimuan umum atau science.
Sebelum masuk dalam manfaat berpuasa terlebih beliau memperkenalkan kita tentang dua metode penyembuhan yang memiliki ciri khas tersendiri yaitu
  1. Kedokteran barat
Kedokteran barat berpendapat bahwa badan dan jiwa merupakan suatu yang terpisah maka dalam penyembuhan kita mengenal dua hal yaitu pengobatan dan pembedahan. Secara umum penyembuhan yang dilakukan kedokteran barat adalah dengan menghilangkan gejal-gejala yang muncul, alias bersifat simptomatik.
  1. Kedokteran timur
Pada model kedokteran ini bertumpu pada konsep keseimbangan tubuh. Manusia dipandang sebagai satu kesatuan antara badan dan jiwa. Oleh karena itu, keduanya saling memengaruhi, termasuk dalam proses penyembuhan penyakit. Dengan kata lain, orang dinyatakan sakit jika terjadi ketidaksimbangan antara tubuh dan jiwanya. Metode penyembuhan ala kedokteran timur
  1. 1.      Akupuntur.
Berasal dari China. Menggunakan tusukan jarum. Cara kerjanya adalah dengan menstimulasi di titik tertentu dalam tubuhnya yang berjumlah ratusan bahkan ribuan titik. Dan titik itu tidak didasarkan pada aliran darah seperti keyakinan orang barat. Melainkan jalur itu bergerak antar sel.
  1. 2.      Prana.
Kita dinyatakan sakit jika terjadi ketidakteraturan dalam diri kita maka kita harus menyelaraskan sistem itu dengan cara meresonansikan energi dariluar tubuh si sakit melalui beberapa gerakan tertentu. 
  1. 3.      Lewat Aura.
Seorang yang sakit bisa disembuhkan lewat perubahan sistem aura tubuh.
  1. 4.      Meditasi.
Meditasi merupakan cara penyembuhan yang menggabungkan kekuatan fisik dan kekuatan psikis secara stimulan. Meditasi bertumpu pada kekuatan jiwa untuk mengendalikan kondisi fisik. Termasuk melakukan perubahan-perubahan yang menuju pada keseimbangan.
  1. 5.      Puasa.
Penyembuhan metode ini dewasa ini telah banyak digunakan oleh beberapa klinik kesehatan di negara-negara maju seperti Eropa dan Amerika. Telah berdiri ratusan klinik di sana yang menggunakan metode ini dalam penyebuhan. Lalu kenapa kita sebagai umat islam merasa berat untuk berpuasa???
Inti dari puasa ini adalah menyeimbangkan fungsi - fungsi di dalam tubuh dengan cara mengistirahatkan. Lewat puasa, sistem pencernaan kita distirahatkan atau ditidurkan dengan harapan tubuh akan merehailitasi sendiri kerusakan-kerusakan yang terjadi di dalam tubuh. Secara global puasa adalah metode penyembuhan yang sangat komplet dan memiliki dampak secara langsung bisa diamati perubahannya pada fisik dan psikis kita.
Ada tiga proses yang terjadi saat kita berpuasa.
  1. Detokfikasi alias penggeloncoran racun-racun sisa metabolisme
  2. Rejuvenasi atau peremajaan kembali
  3. Stabilisasi alias pemantapan sistem


والله أعلم بالصواب
----Selamat Berpuasa----

*Peneliti Muda Farabi Institute. Disampaikan pada diskusi rutin Farabi Institute di teras musholla Al Azhar
Comments
0 Comments

0 komentar:

Poskan Komentar

 

© 2012 FARABI INSTITUTE Design by Ainul Kamal Rofiqi
In Collaboration with Ahmad Ridani